A Silent Ramadan



Hari ke-20 Ramadan di tahun 2020.

Bulan Ramadan tahun ini sangat berbeda.

Awalnya, aku kira ini akan jadi bulan Ramadan paling sedih sepanjang hidup. Tidak ada tarawih bersama, cari takjil sore-sore di pinggir jalan, apalagi buka bersama dengan teman-teman. Sepi banget........ Ya kali Ramadan ga ada agenda jalan-jalan ngabuburit sama temen? Ga ada tarawih dan subuh berjamaah di masjid? Ga ada persiapan beli baju Lebaran? Aneh. Ga kebayang sama sekali. Sedih rasanya. Semua serba di rumah aja, cukup dengan orang-orang di rumah, dan seadanya.

Lalu Ramadan dimulai dengan sholat tarawih pertama di rumah, munfarid. Hari-hari juga tetap dijalani di rumah aja, dari habis subuh sampai maghrib. Menjelang buka puasa, ga ada agenda cari takjil, ya udah bikin minuman pakai bahan seadanya aja di kulkas rumah. Begitu seterusnya...... Dan ga kerasa, ini udah masuk 1/3 akhir bulan Ramadan. Seiring berjalannya waktu, rasanya Ramadan tahun ini gak seburuk yang aku kira. Walaupun di rumah aja, tapi justru jadi lebih banyak waktu untuk mengaji, berdoa, sholat sunnah, berdiam diri, bahkan jadi rajin dengerin kajian-kajian juga. Aku yakin sih kalau di bulan puasa ini aku masih berangkat kerja seperti biasa, bacaan Al-Quran ku ga sebanyak ini. Sholat sunnah juga belum tentu se-khusyuk ketika aku lagi bosen di rumah, gak tau lagi harus ngapain, akhirnya mengerjakan sholat sunnah. Apalagi dengerin kajian, mana sempet, pasti waktu udah abis buat mikir bakal beli buka puasa apa hari itu. Ini semua ga mungkin banget terjadi kalau bukan gara-gara tiap hari kita cuma berdiam diri di rumah, sambil menunggu waktu buka dan malam tiba. 

Ramadan tahun ini juga jadi bikin aku lumayan ngirit. Ga banyak pengeluaran untuk buka puasa di luar, makan-makan sama teman-teman. Uangnya bisa dipakai buat sedekah, donasi buat bantu corona, atau kasih-kasih tip ke driver ojol. Bisa buat beliin hadiah buat keluarga atau teman-teman. Lumayan kan bisa jadi orang yang lebih dermawan dari biasanya, hehe.

Semua ternyata ada hikmahnya. Ada hal baru yang aku temukan selama bulan puasa di masa corona ini. Ada rutinitas tidak biasa yang ternyata bisa aku lakukan selama di rumah aja. Ajaib emang, tapi akhirnya malah bersyukur karena jadi bisa lebih fokus untuk ibadah di rumah.

Akhirnya, hari ini bulan Ramadan udah masuk di 10 hari terakhir. Tahan-tahan ya, nikmati semua yang bisa kita lakukan sekarang, sampai nanti Lebaran. Mungkin ini malah bisa jadi salah satu Ramadan paling berkesan dan paling khusyuk yang pernah kita lakukan sepanjang kita hidup. Kata orang, maybe we took everything for granted when we had the normal world. Iya, bener sih, but for me, think about it again, who knows we now take everything for granted either for the new 'normal' world? Maybe we will miss all the-inside-your-home-activites in the future? Maybe we will miss a homy Ramadan like this when we are old? We will pass this storm and we'll never be back to this date anymore. So do your best now, don't waste your time, because maybe your moment is now.

Stay safe and healthy. Stay generous and wise. Stay mindful and active!


Regards,
N.