19 Tahun 4 Bulan

Empat bulan yang lalu aku genap berusia 19 tahun. Ini ulang tahunku yang paling beda dari 18 ulang tahun sebelumnya. Kenapa? Soalnya ini pertama kalinya aku berulang tahun tanpa dikelilingi keluarga, teman-teman, dan orang-orang dekat lainnya. Ini juga pertama kalinya aku ulang tahun tapi ga ada yang ngasih surprise ke rumah atau  waktu aku bangun tiba-tiba udah ada kue tart besar banget di meja makan. Dan ini juga pertama kalinya aku ulang tahun tapi ga aku rayain dengan makan-makan atau hedon beli barang-barang mewah segala macem. Semua itu nggak ada.

Ulang tahunke kemarin tepat jatuh di hari Minggu, tanggal 5 Januari 2014, H-1 pengumpulan tugas besar Komunikasi Arsitektur. Di hari Sabtu aku udah ga tidur seharian buat ngerjain tugas itu, rencananya biar hari Minggunya bisa santai-santai. Ternyata perkiraanku salah, hari Sabtu menjelang Minggu aku masih harus nyelesein tugasku. Detik-detik menuju pergantian hari pun terjadi, dan aku cuma  bisa diam sambil ngeliatin jam dinding yang pelan-pelan jarumnya bergerak ke angka 12. Tik tok tik tok. Tik tok tik tok.Tik tok tik tok. Dan.......... Yea. Aku udah 19 tahun. Sendiri, di kamar kos, di depan tugas besar Kom-Ars yang ga selesai-selesai. Aku ga bisa ngapa-ngapain selain langsung memejamkan mata dan berdoa. Pasti udah bisa ditebak lah ya salah satu isi doanya apa.....

Aku berdoa lumayan lama, sampai ada momen nangis segala. Selesai berdoa, aku lanjut ngerjain tugas Kom-Ars. Aku udah pasrah aja sama apapun yang bakal terjadi di hari itu. Sunyi, senyap, diem banget rasanya. Ga ada yang ribut pagi-pagi neriakin "Selamat Ulang Tahun Uni Nanaa!!!" dari luar kamar. Seriously, sebagai anak yang baru pertama kali dan baru mulai merantau, rasanya kesepian dan kangen  banget sama rumah, apalagi waktu ulang tahun kayak gini. Kangen temen-temen di Jogja yang heboh kalo ngasih surprise. Waktu ulang tahun kemarin aku belum punya temen yang deket banget di kampus atau di kos-kosan, dan aku sama temen-temen seangkatan di Arsitektur masih sering jalan sendiri-sendiri, jadi belum terlalu akrab satu sama lain. Makin ngerasa kangen deh sama temen-temen.

Akhirnya, seharian itu aku habisin buat nyelesein tugas Kom-Ars. Beneran deh, seharian itu aku ga keluar kamar kosan bahkan, demi menyelesaikan tugas Kom-Ars yang dosennya paling ganteng se-Jurusan Arsitektur ITS Surabaya. Dan walaupun banyak telpon, SMS, mention twitter, chat Line, chat BBM, atau yang lain-lain yang masuk ke HP buat ngucapin selamat ulang tahun, tapi tetep aja rasanya beda. Seneng sih, tapi rasanya semu. Sumringah, tapi tetep aja ada yang ganjel. Banyak sih temen-temen kampus yang ngucapin 'Selamat Ulang Tahun Nana!', tapi rasanya nggak greget dan malah makin kangen sama temen-temen di Jogja. Bersyukur, tapi masih selalu kepikiran sama perayaan tahun-tahun sebelumnya.

Well, jujur aja, kejadin kayak gini yang bikin aku makin memaknai arti rumah, keluarga, dan sahabat. Hal-hal memorable dalam hidup yang harusnya bisa dirayain bareng orang-orangg dekat dan tersayang justru terjadi sebaliknya; aku ngerayain ini sendirian tanpa ada hal istimewa satupun yang terjadi selama sehari itu. Miserable? Iya, emang sih. Tapi di sisi lain aku juga malah bisa ngerasain makna pertambahan usia yang sebenernya. Waktu aku berdoa, aku jadi inget sama semua hal yang udah terjadi selama 18 tahun ke belakang. Aku jadi bisa khusyu' berdoa, bersyukur, dan menghargai semua yang udah punyai dengan kesederhanaan. Karena aku ga perlu mikir yang aneh-aneh, aku ga perlu mikir 'Kapan ya temen-temenku bakal ke sini kasih surprise?', atau 'Ayah Ibu bakal kasih aku kado apa ya nanti?', atau harapan-harapan lain. Aku jadi mikir, apa yang bakal aku lakukan ke depan buat bikin Ayah Ibu bangga, kesalahan apa aja selama ini yang udah aku lakukan, apa yang kurang dari kepribadianku selama ini, gimana sikapku ke temen-temen, ibadahku udah bagus apa belum, dan hal-hal lain yang semuanya cuma tertuju sama kemawasan diri. Simpel kan? Iya. Tapi malah ini yang belum pernah aku lakukan di setiap perayaan ulang tahunku sebelum-sebelumnya. Faktor kedewasaan juga sih ya mungkin.

Kesendirian ga selalu bikin kita jadi kurang bermakna kok, bahkan di saat-saat penting dalam hidup, contohnya di momen ulang tahun kita sendiri. Kita cuma harus cari sudut pandang lain biar kita tetep ngerasa bahagia dan punya tujuan. Ga ada mewah-mewahan kemarin, tapi ucapan syukur dan panjatan doa dari hati yang tulus udah cukup bikin aku semangat buat jadi yang lebih baik dan merasa ga sendirian. Yes, God is good. Allah never leaves me alone even when I felt really need to be surrounded by my beloved people.