Padmanaba Science Tech Week 2010

Padmanaba Science Tech Week (PSTW) 2010 adalah sebuah lomba sains yang diadakan oleh SMA N 3 Yogyakarta, dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah tersebut ke-68. Tidak hanya PSTW yang diselenggarakan, namun juga ada Padmanaba Cup, Padmanba Jazz, dan Padmanaba FunBike.

Nah, berhubung sekarang adalah tanggal 2 Oktober 2010, sedangkan PSTW sendiri akan dilaksanakan tanggal 3 Oktober 2010, maka kali ini saya hanya akan menerangkan tentang PSTW. Yang lainnya, tunggu nanti mendekati hari H. Itu juga kalo gak sibuk dan lupaa hehe.



Oke, saya terangkan lagi di sini. Padmanaba Science Tech Week 2010 (PSTW) adalah sebuah lomba sains yang hanya boleh diikuti untuk siswa/i SMP/sederajat. Ini bukan lomba sains biasa! Lomba ini tidak hanya mengadu otak kiri, tapi juga otak kanan. Selain itu, PSTW akan dibuat konsepnya menyerupai kuis 'Bintang Pintar Ultra'. Tau kan itu kusi gimana model-modelnya? Sehingga akan menjadi lebih menarik! Dan tentu saja persaingan yang sangat di PSTW. Mengapa? Karena di PSTW kali ini, peserta akan mengikuti tahap-tahap:

1. Penyisihan
Berupa mengerjakan soal-soal matematika, IPA, dan TIK di LJK. Hei ini bukan soal-soal biasa. Peserta akan mengerjakan 100 buah soal dengan tingkat soal setara Olimpiade selama 120 menit. Haha rasakaaaan >:D

2. Semifinal
Nah, mulai di sini peserta yang lolos dari babak penyisihan tadi (yang hanya diambil 9 team dari babak penyisihan tadi) akan diadu dalam pratikum yang terdiri dari pratikum Fisika, Kimia, Biologi, dan IT. Tujuan dari Semifinal ini adalah untuk menguji kemampuan praktik dan aplikasi dari teori yang mereka pelajari.

3. Final
Final akan diadakan tanggal 10 Oktober 2010 di Taman Pintar Yogyakarta. Ini adalah sebuah inovasi! Karena pada tahun-tahun sebelumnya, PSTW tidak pernah mengadakan lomba di luar lingkungan sekolah. Nah, yang formatnya kayak kuis 'Bintang Pintar Ultra' itu ya yang final ini. Jadi di final ini hanya akan di pilih 3 team dari babak semifinal tadi. Saat final juga akan dibagi menjadi 3 sesi, yaitu: Cerdas Cermat, Galileo, dan OSPRO.
Saat final ini juga ada lomba Best Supporter looh! :-D


Dan yang membuat PSTW 2010 semakin diminati adalah hadiah yang menggiurkan! 3 netbook, 3 iPod, 3 HP QWERTY, 27 flashdisk, piagam penghargaan, dan uang tunai jutaan rupiah!

Ayooo buruan ikut (bagi yang masih SMP)! Kesempatan masih dibuka hingga besok pagi pukul 08.30. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini yaaaaaa! :D



Semangat PSTW-Padmanaba!
Nana.