Balinese Trip (Pt. 3)

Hari ke-3, 28 April 2010

Jadwal: Tari Barong, Galuh, Pasar Seni Sukowati, Pantai Sanur && Pantai Kuta.

Sejak berangkat dari hotel udah ada sedikit masalah, temen-temenku yang laki-laki ada yang telat. Jadi berangkatnya rada molor.

Hmm, di tempat Tari Barong itu semacam teater di tempat terbuka gitulah. Judul ceritanya itu.. Tari Barong dan Kris. Initinya, cerita tentang kejahatan melawan kebaikan. Nah, kejahatan sama kebaikannya itu diibaratkan sama 2 orang, yang kebaikan namanya Sadewa, yang kejahatan namanya Rangda. Nanti Sadewa berubah jadi Barong soalnya berantem lawan Rangda, kan ceritanya kejahatan lawan kebaikan. Tapi Sadewa gak berhasil, soalnya Rangda itu terlalu sakti.

Aku gak terlalu ngerti sama jalan ceritanya. Soalnya di sana para pemainnya berdialog pake bahasa Jawa kuno, ya gimana aku bisa ngerti? Cuma baca dari petunjuk sama gerakan tubuh mereka aja baru aku bisa lumayan sedikit ngerti maksud teater mereka. Tapi, jujur, aku suka pertunjukan-pertunjukan kayak gini, ada musik gamelan Bali-nya juga. Seni bangetlah pokoknya :) Nih aku kasih oleh-oleh:

ini gamelannya. Taken by me.

Rangda, diangkat, rambut putih. Ceritanya mau berantem sama Barong.
Taken by me (again).


di kolam teratai sebelah panggung tari barong.
Pupud, ME, Nadia. Taken by Vina


foto sama Leak.
Ari, Nana Kribo, Ayu', The Leak, ME, Lala. Taken by Iffa.


Habis dari Tari Barong kami ke Galuh. Aku kira Galuh tuh jauh dari Tari Barong, ternyataaa.... cuma sebelahan --_____________-- yaaah sama aja jalan kalo gitu. Di sana aku gak beli apa-apa. Mahal mahal tau! Kalo aku dikasih sangu lebih sedikit atau ada titipan dari siapa gitu, aku mau mau aja belanja di sana. Tapi kan uangku ngepaas dan lagipula juga gak ada titipan, jadi, ngapain beli di sana? Orang ntar juga mau ke Sukowati, jelas bisa ditawar dan pasti lebih murah hahahaha :D

Habis dari Galuh, ternyata mampir ke tempat oleh-oleh makanan dulu, sekalian makan siang. Di tempat oleh-oleh gak beli banyak juga, cuma kacang bali 10 dos kecil, ketan item kacang ijo, sama kopi bali. Soalnya emang gak ada titipan makanan. Adanya titipan baju joger.

Abis makan siang, kami ke Sukowati. Horeeeeee belanjaaaaaa! Hmm lumayanlah, duit 100ribu bisa dapet 4 kaos sama 2 stel baju hahaha :p Tapi, pedagang di sana tuh aku ketemu pedagang yang sukanya maksa, udah gitu pelit, galak, marah-marahin aku lagi! Aseeem. Jadi kan aku pertama cuma liat-liat baju di situ, nah tiba-tiba si ibu pedagang tuh maksa aku suruh milih dulu, intinya jangan lari lah. Ya udah aku milih. Kaos barong, baju anak-anak, kaos biasa, sama daster anak kecil. Tapi gak ada yang cocok. Ya udah aku pergi. Eeeeeehhh, waktu mau pergi aku dimarah-marahin suruh beli, katanya gak boleh kalo udah tanya-tanya barang ini itu tapi akhirnya gak jadi beli. Dengan sangat amat terpaksa aku beli 1 stel baju anak kecil, mana mahal banget! Masa' baju 1 stel anak kecil gitu aja 30 ribu? Ya emang mungkin bahannya bagus, tapi kok mahal banget sih? Ah gak tau ah, ikhlasin aja.

Abis dari Sukowati, ke Sanur. Panaaaaaaaaaaaaassssssssssssss banget! Sumpah yaa itu bener-bener panas gak ketolongan, mana di sana juga pohonnya sedikit, lebih panas dan menyengat dari Jogja lah pokoknya. Tapi, anehnya, temen-temenku yang laki-laki malah pada buka baju telanjang dada terus pada main bola di sana. Ha? Ah gak taulah mereka. Aneh. Tapi, aku sama temen-temen cewek juga malah foto-foto ke tengah pantai sambil lari-lari gak jelas gitu. Sama aja ya anehnya? Heehee biarin deh. Di Sanur kami cuma sebentar kok, sekitar 30 menitan kayaknya.

Sanur. ME. Taken by Vina.

Abis itu ke Kuta. Sebenernya aku udah gak ada semangat sama sekali tuh pas di Kuta. Lemes banget. Malah aku kepikiran buat gak usah ikutan ke Kuta, tapi gara-gara dipaksa Karin jadi aku ikut deh. Dan ternyataaaaaaaa aku malah semangat banget di sana! Sumpah beneran suer asik bangeeetttttt! Mainan air basah-basahan cebur-ceburan sama temen-temen bener-bener nyenengin! Gak kepikiran deh masalah duit kurang buat beli Joger, buku tahunan yang belom jadi, ntar pulangnya gimana padahal gak bawa&di sana emang gak bisa ganti saking ramenya, pokoknya maiiin! Aaaaaahhhhhhh aku rasanya pengen kayak gitu lagiii, main di pantai lagiii sama temen-temenneeenn!!!!!!

Kuta. My Friends and I. We're very excited and WOW there!


Jadwal besok: Check out hotel, Sangeh, Joger, Danau Bedugul, dan perjalanan pulang ke Jogja. Besok hari terakhir di Bali :'(


Cuk cuk cuk cuk cuk sek sek sek sek sek. Nana.