Saturday, 22 May 2010

I've had to leave my beloved Junior High School

Hell-o fellas! Well, long time no fill in this journal. Kinda late? Yes, but whatever. I was doing the vacation, ya know? I'm having a very-long-but-bored holiday, since my farewell party was held on 16th of May 2010. So, the holiday suppose to be spent with so many vacations, right?

So, let's begin,
It's hard to believe. I have to leave my beloved JHS. So many things happened there. The goods, the bads, everything. 3 years had passed away and it's felt too fast. I've been falling in love with this school. Not only the school, but also the teachers, employees, cleaning servicers, and of course the students.

Now, I have graduated from my beloved school, SMP N 5 Yogyakarta. I'm not a SMP N 5's student anymore. I'm fully unemployed now. Hmm, I mean, I've graduated from my secondary school but I haven't got new (high) school. I can't wait for it!

I have to be apart with my classmates. They are the best friends I've ever known. They are very exciting, amazing, disorganized, sometimes annoying, but solid! But more than that all I love them so much. My beloved classmates, should we say good bye? No, we don't! We are friends. Everlasting friends. Nothing could make us being apart. We are distinct but we are one: we are DHEZOO.


aren't they so marvellous? (too much :p)


We are disorganized class, but we can finish our junior high school year well. Our final mark's average was very awesome. I'm proud of our result. I'm proud of us. I'm proud of you all. We may separated by a long distance. But our hearts will always tied tightly.

But, I have to walk away toward my future. There'll be many things I have to face and solve. High school is waiting for me. I may meet new friends, new circumstances, and probably new life style.


Bye SMP N 5 Yogyakarta. I won't forget your alma mater, ever after :-*


Fully sad, Nana.

Friday, 21 May 2010

Thursday, 20 May 2010

Balinese Trip (Pt. 4-Complete)

Ahhhh udah males nih posting tentang Bali. Pengennya posting tentang wisuda, tes masuk SMA Taruna Nusantara, sama buku tahunan. Tapi... tinggal sehari lagi sih. Ah rampungin sekalian aja ah.

Hari Kamis, 29 April 2010

Hari ini har terakhir di Bali, aku gak tega, aku masih pengen di sini main-main sama temen-temen. Tapi.. gimana lagi? Gak ada duit juga kita, ya udah deh ngikut aja jadinya. Oiya, jadwal hari ini: Check out hotel, Sangeh, Joger, Danau Bedugul, dan perjalanan pulang ke Jogja.

Check out hotel. Ahh walaupun hotelnya tu kalo buat ukuran liburan termasuk biasa banget, tapi kalo yang liburan anak sekolah jadi bagus bangeet! Ber-AC, luas, dapet breakfast, lift, shower, intinya lumayan banget. Daaann... kenangan di dalamnya itu lho, bener-bener gak akan kulupain :)


Di lobby hotel. Sebenernya ini waktu hari pertama di Bali.
ME, Farah, Runi, Arum, Nana Kribo

Sangeh. Sarang monyet (lagi). Untung waktu di Sangeh, monyetnya abis dikasih makan, jadi waktu rombonganku dateng monyetnya lagi pada tidur, aseeeekkk! Gak takut jalan-jalan. Di sana sempet-sempetnya aku beli baju Rp 12.500 perak haha bangga lho bisa dapet kaos yang gak jelek-jelek banget tapi harganya tipis. Sayangnya, di sana temen-temen sekelas gak foto bareng. Itu tuh yang bikin aku nyesel&nyesek sampe sekarang. Tapi, mau gimana lagi? Udah lewat, gak bakal keulang.


Di depan Sangeh. ME, Pupud, Nana Kribo


Sama Tour Guide. Yang perempuan aku lupa namanya :p
Beli Wayan, Pak Bambang (pengawas), Beli Made, ME, Bu Rus (pengawas).



Joger. Beli titipan jaketnya ibuku, tas kecil 2, sama sendok bubur buat adek. Yang terakhir gak guna banget ya? Biarin, yang penting oleh-oleh. Temen-temen pada beli sendal bejibun, tapi aku engga, soalnya di rumah udah banyak sendal Joger. Ha.

Danau Bedugul. Kata Beli Made Surya Kencana, sebenerya namanya itu bukan Danau Bedugul, tapi Danau Beratan, cuma karena nama daerahnya Bedugul jadi disebutnya Danau Bedugul sampai sekarang. Di sana sih acaranya cuma naik speedboat ngelilingin danau sama sholat. Tapi.... duitku udah ngepres banget gila, jadi aku gak naik speedboatnya, udah pernah juga sih soalnya. Paling ya rasanya kayak gitu, bisa dibayangin. Dingin banget waktu muter-muter danaunya. Airnya juga tuh dingin gak kira-kira. Berasa di Kutub.

Pulang ke Jogja. Agak mundur nih jadwalnya gara-gara rombonganku lelet. Harusnya bisa keluar dari daerah Danau Bedugul sekitar jam 1/2 siang waktu Bali, eh ini malah baru jam 3an. Jadi molor lama bangeeeeet deh. Naik kapalnya juga jadi telat, jadi sekitar maghrib. Terus makannya juga ikutan molor. Ah intinya jadi molor semua gitulah!

Nah, malemnya, waktu perjalanan kan bosen tuh gak ada hiburan, Nana Kribo bawa dvd film Korea ke bus. Udah seneng tuh ceritanya waktu mau disetelin. Tapi...... geje banget filmnya, gak ada menarik-menariknya sama sekali. Mana translatenya bahasa inggris, apa gunanya dong?

Trus pada bosen, diem. Abis itu si kenek bus malah nyetelin dvd baru. Udah seneng tuh kita dikira film oke atau apalah pokoknya hiburan! Ternyata malah dvd rekaman pengajian 5 tahun yang lalu. Ya ampuun -___- Tapi, gara-gara gak bisa tidur jadi nonton itu beneran. Ternyata pengajiannya lucu, kayak OVJ! Hahaha :D Yaaah lumayan bangetlah jadi pengusir bosan dan ngantuk.


Jumat, 30 April 2010

Paginya, kami berhenti buat sholat subuh. Masih dingin banget tuh. Abis sholat aku gak bisa tidur lagi, gak ngantuk sama sekali. Malah ngobrol, nyanyi-nyanyi, teriak-teriak sama Nana Kribo, Ayu', Puput, Fira. Temen-temen yang lain pada tidur, apalagi yang laki-laki tuh, ngorok semuanya! Eh engga juga ding, boong aku :P

Terus, sampe Jogja sekitar jam 9 pagi WIB, padahal jadwalnya jam 7 pagi WIB. Molor banget kan? Hahaha biarin, yang penting kami semua selamat sehat sampe Jogja lagi, alhamdulillah! :D

Seriusan aja ya, aku bener-bener gak bisa ngelupain liburan itu. Bareng temen-temen lagi. Berkesan. Menyenangkan. Indah banget. Lucu. Gak tergantikan dengan uang sebesar apapun. Rasanya gak pengen pisah dari mereka semua. Aku terlal sayang sama mereka. Aku pengen nangis :")

Kapan ya kita kayak gini lagi? Semoga secepatnya! Tapi kalo bisa bener-bener semua bisa ikut, jangan sampe ada 1-2 orang yang berhalangan. Amin.



Aku pengen ke Bali lagi sama temen-temen! Nana.

Friday, 14 May 2010

Balinese Trip (Pt. 3)

Hari ke-3, 28 April 2010

Jadwal: Tari Barong, Galuh, Pasar Seni Sukowati, Pantai Sanur && Pantai Kuta.

Sejak berangkat dari hotel udah ada sedikit masalah, temen-temenku yang laki-laki ada yang telat. Jadi berangkatnya rada molor.

Hmm, di tempat Tari Barong itu semacam teater di tempat terbuka gitulah. Judul ceritanya itu.. Tari Barong dan Kris. Initinya, cerita tentang kejahatan melawan kebaikan. Nah, kejahatan sama kebaikannya itu diibaratkan sama 2 orang, yang kebaikan namanya Sadewa, yang kejahatan namanya Rangda. Nanti Sadewa berubah jadi Barong soalnya berantem lawan Rangda, kan ceritanya kejahatan lawan kebaikan. Tapi Sadewa gak berhasil, soalnya Rangda itu terlalu sakti.

Aku gak terlalu ngerti sama jalan ceritanya. Soalnya di sana para pemainnya berdialog pake bahasa Jawa kuno, ya gimana aku bisa ngerti? Cuma baca dari petunjuk sama gerakan tubuh mereka aja baru aku bisa lumayan sedikit ngerti maksud teater mereka. Tapi, jujur, aku suka pertunjukan-pertunjukan kayak gini, ada musik gamelan Bali-nya juga. Seni bangetlah pokoknya :) Nih aku kasih oleh-oleh:

ini gamelannya. Taken by me.

Rangda, diangkat, rambut putih. Ceritanya mau berantem sama Barong.
Taken by me (again).


di kolam teratai sebelah panggung tari barong.
Pupud, ME, Nadia. Taken by Vina


foto sama Leak.
Ari, Nana Kribo, Ayu', The Leak, ME, Lala. Taken by Iffa.


Habis dari Tari Barong kami ke Galuh. Aku kira Galuh tuh jauh dari Tari Barong, ternyataaa.... cuma sebelahan --_____________-- yaaah sama aja jalan kalo gitu. Di sana aku gak beli apa-apa. Mahal mahal tau! Kalo aku dikasih sangu lebih sedikit atau ada titipan dari siapa gitu, aku mau mau aja belanja di sana. Tapi kan uangku ngepaas dan lagipula juga gak ada titipan, jadi, ngapain beli di sana? Orang ntar juga mau ke Sukowati, jelas bisa ditawar dan pasti lebih murah hahahaha :D

Habis dari Galuh, ternyata mampir ke tempat oleh-oleh makanan dulu, sekalian makan siang. Di tempat oleh-oleh gak beli banyak juga, cuma kacang bali 10 dos kecil, ketan item kacang ijo, sama kopi bali. Soalnya emang gak ada titipan makanan. Adanya titipan baju joger.

Abis makan siang, kami ke Sukowati. Horeeeeee belanjaaaaaa! Hmm lumayanlah, duit 100ribu bisa dapet 4 kaos sama 2 stel baju hahaha :p Tapi, pedagang di sana tuh aku ketemu pedagang yang sukanya maksa, udah gitu pelit, galak, marah-marahin aku lagi! Aseeem. Jadi kan aku pertama cuma liat-liat baju di situ, nah tiba-tiba si ibu pedagang tuh maksa aku suruh milih dulu, intinya jangan lari lah. Ya udah aku milih. Kaos barong, baju anak-anak, kaos biasa, sama daster anak kecil. Tapi gak ada yang cocok. Ya udah aku pergi. Eeeeeehhh, waktu mau pergi aku dimarah-marahin suruh beli, katanya gak boleh kalo udah tanya-tanya barang ini itu tapi akhirnya gak jadi beli. Dengan sangat amat terpaksa aku beli 1 stel baju anak kecil, mana mahal banget! Masa' baju 1 stel anak kecil gitu aja 30 ribu? Ya emang mungkin bahannya bagus, tapi kok mahal banget sih? Ah gak tau ah, ikhlasin aja.

Abis dari Sukowati, ke Sanur. Panaaaaaaaaaaaaassssssssssssss banget! Sumpah yaa itu bener-bener panas gak ketolongan, mana di sana juga pohonnya sedikit, lebih panas dan menyengat dari Jogja lah pokoknya. Tapi, anehnya, temen-temenku yang laki-laki malah pada buka baju telanjang dada terus pada main bola di sana. Ha? Ah gak taulah mereka. Aneh. Tapi, aku sama temen-temen cewek juga malah foto-foto ke tengah pantai sambil lari-lari gak jelas gitu. Sama aja ya anehnya? Heehee biarin deh. Di Sanur kami cuma sebentar kok, sekitar 30 menitan kayaknya.

Sanur. ME. Taken by Vina.

Abis itu ke Kuta. Sebenernya aku udah gak ada semangat sama sekali tuh pas di Kuta. Lemes banget. Malah aku kepikiran buat gak usah ikutan ke Kuta, tapi gara-gara dipaksa Karin jadi aku ikut deh. Dan ternyataaaaaaaa aku malah semangat banget di sana! Sumpah beneran suer asik bangeeetttttt! Mainan air basah-basahan cebur-ceburan sama temen-temen bener-bener nyenengin! Gak kepikiran deh masalah duit kurang buat beli Joger, buku tahunan yang belom jadi, ntar pulangnya gimana padahal gak bawa&di sana emang gak bisa ganti saking ramenya, pokoknya maiiin! Aaaaaahhhhhhh aku rasanya pengen kayak gitu lagiii, main di pantai lagiii sama temen-temenneeenn!!!!!!

Kuta. My Friends and I. We're very excited and WOW there!


Jadwal besok: Check out hotel, Sangeh, Joger, Danau Bedugul, dan perjalanan pulang ke Jogja. Besok hari terakhir di Bali :'(


Cuk cuk cuk cuk cuk sek sek sek sek sek. Nana.

Thursday, 13 May 2010

Alice in Wonderland - Avril Lavigne

Asli lho! Aku sukaaaaaaaa banget sama lagu ini :D

Balinese Trip (Pt. 2)

Hari kedua, tanggal 27 April 2010.

Masih inget jadwalnya gak? Nih aku ingetin: Tanah Lot, Tanjung Benoa, Ulu Watu, Pantai Kuta, dan yang terakhir check in hotel. Bener aja, pertama kali sampe Bali langsung ke Tanah Lot. Di sana kami semua sarapan, mandi (tapi ada juga yang gak mandi, termasuk aku! Abis males sih, kan rencananya abis dari Tanah Lot langsung ke Tanjung Benoa. Kenapa gak di Tanjung Benoa sekalian aja mandinya?), trus jalan-jalan di Tanah Lotnya. Kebetulan banget, di sana lagi malam bulan purnama, jadi air lautnya pasang, trus gak bisa masuk ke puranya yang ada di tengah laut itu. Yaaaah agak kecewa sih, tapi gak papa! Aku dapet banyak foto di sana dan sempet basah-basahan juga haha dasar nakal. Nih buktinya:

(left-right: Runi, ME, Nana Kribo, Ayu')

(left-right: Puput, Nana Kribo, Ayu', ME, Karin)
Taken by Gagad

(ini nih pura yang aku bilang di tengah laut)
Taken by Ayu'


Habis dari Tanah Lot, cabut ke Tanjung Benoa. Yihiiiiiiii yippie yippie! Udah bayangin kalo bakal naik banana boat, basah-basah-an, diceburin ke laut, aaaaaaaaa! Seru banget deh pasti! Dan bener aja, waktu naik banana boat, aku sama temen-temen diceburin 2 kali. Asik banget sumpaaaah! Ngebut banget lagi speedboat nya.

Sebenernya sih bisa aja 3 kali, tapi kata Beli (Beli = sebutan untuk laki-laki yang lebih tua dari kita dalam bahasa Bali; Jawa: mas; Padang: uda) lagi gak ada ombak. Padahal itu kan malam bulan purnama ya? Masa' gak ada ombak? Ah bodo yang penting udah bisa naik banana boat bareng temen-temen! Sumpah itu seru banget, gak bakal aku lupain seumur idup. Teriak-teriak gara-gara histeris kesenengan sampe tenggorokan sakit, diceburin ke laut sampe matanya pedes (asal tau aja ya, air garam kalo kena mata tuh pedesnya minta ampun. Gak percaya? Coba aja sendiri), tenggelem, airnya masuk ke hidung, terus temenku dengkulnya berdarah gara-gara kena karang dan terakhir diceburin ke sarang hiu! Gila aja apa ya? Tapi kata Beli, hiu gak makan daging, jadi aman. Oh syukur deh.

(left-right: Gagad, Farah, Runi, ME, Arum, Puput. We're actually hectic and happy and WOW!)
Taken by the guider


Abis itu jadwalnya ke Uluwatu. Sarang monyet. Gila! Monyetnya ganas-ganas banget! Masa' kucir rambut sama sendal diambil juga sih? Deg-deg-an beneran deh masuk tu tempat. Tapiiii, di sana kan tempatnya di atas bukit gitu, jadi waktu liat ke bawah langsung laut pemandangannya, mana keren banget! Biruuuuu seebiruu-birunya, sampe karang-karangnya aja keliatan. Bening banget dah airnya! Sayang, waktu itu aku gak bawa kamera, takut dimakan monyetnya. Ah ya udah deh gakpapa, seengganya masih ada kenang-kenangan foto dari sana:

(1st row, left-right: Ausi, Dendi, Ridwan, Ajik;
2nd row, left-right: Ayu', ME, Nana Kribo, Faidz, Fattah, Gessa, Yazil;
3rd row, left-right: Cahya and Chandra)
Taken by Lala :-)

Abis itu, jadwalnya ke Pantai Kuta kan? Gak jadi. Di ganti ke Pantai Jimbaran! Pantai Kuta nya diganti jadi besok siang. Kata Beli Made Surya Kencana, jadwal diganti soalnya besok malem itu Pantai Jimbaran mau dipake buat upacara adat malam bulan purnama.

Tau kan rencananya makan di Pantai Jimbaran itu buat apa? Iya, makan di tepi pantai, di atas pasir putih, sambil ditemenin sunsets. Yang makan di tepi pantai di atas pasir putih mah oke, tapi sunsets nya? Gak ada. Soalnya waktu itu mendung, mau ujan. Jadi deh, kami semua makan sambil ujan-ujanan. Tapi makanan di Jimbaran tuh enak banget, apalagi kerangnya. Ya ampun, sampe sekarang aja masih inget rasanya. Dasar makanannya udah enak, mau makan sambil badai salju juga bakal kami ladenin! Bener-bener liburan bareng temen-temen yang mengesankan, aku sampe terharu pengen nangis kalo inget-inget waktu itu lagi.....

Say Hello to Jimbaran! What a very wonderful trip!


Nah waktu perjalanan pulang, busku dapet masalah lagi. Jadi sopir busku itu nabrak mobil apa gimana gitu. Jadi nunggu lama bangeeet deh. Ampun. Kami semua tu udah pada capek jalan-jalan seharian masiiiiiih aja harus nunggu yang beginian. Untung alhamdulillaaaaaah akhirnya bisa selesai juga, kalo engga gimana coba? Ntar kami semua mau tidur dimanaaaaaaa??

Jadwal besok: Tari Barong, Galuh, Pasar Seni Sukawati, Pantai Kuta. Wait on!


Cak cak cak! Nana

Seven Days in Sunny June - Jamiroquai

Sunday, 9 May 2010

My Allah, thanks for everything :--)

My tears dropped. I could not believe it. Everything I did for my final exam (UN) had already paid by Him. I got a beautiful score: 38.30. Alhamdulillahirobbil’alamin :--)

You know, I never imagined I could get this score. My only wish was I could get score, at least 36.00. But My Allah gamme more, He gave a more-than-36.00-even-38.00 score. What a wonderful result! I could not stopped saying “Alhamdulillahirobbil’alamin” since my taecher told me I was getting 38.30 score ‘till I reached my home. Oh, no, more, more, and more than it! Even ‘till the night, the next morning, tonight, this second, I still say it for many times. Really, I can’t stop to thank God.

The highest mark in my school is 39.55 and the lowest is 28.00 (approximately). Isn’t it quite far, uh? Many friends got a good result but the opposite isn’t slight. Most of my claasmates got score approximately 37.00. I thought, that’s a good result, but they said no, because of in my school, 4 students got on interval 39.00-40.00, 73 students on 38.00-38.99 (including me!), 134 students on 37.00-37.99, 89 students on 36.00-36.99, 39 students on 35.00-35.99, 10 students on 34.00-34.99, 10 students on 33.00-33.99, 2 students on 32.00-32.99, 1 on 31.00-31.99, 1 on 30.00-30.99, 1 on 29.00-29.99, and the last 1 on 28.00-28.99 and most of them wanna be a part of Padmanaba or Teladan or Delayota. But it’s impossible, isn’t it? It’s excluded the other school students, the students which is could add more score due to their accomplishment, the other region students and so on. Oh God, there are so many problems.

But, more than that problems, my school got the 1st rank in Daerah Istimewa Yogyakarta as school with the highest average result: 36.94 and 100% graduate! Doesn’t it make me, you, and all of people in my school proud? Of course, yes! This the best accomplishment we –the ninth grade students- had made.

For my friends who get a good or a very good result, congratulations! Wish you all could get a high school that you all desired for, amin. And for fellows who get a not good result or even you haven’t graduated yet, don’t be sad, believe our God has His own decision. This the best for all of us. We all had done the best!



Congrats for all! Nana.

Saturday, 8 May 2010

Balinese Trip (Pt. 1)

Oke, sekarang aku mau cerita tentang liburanku bareng temen-temen ke Bali, kemaren tanggal 26 April-30 April 2010. Telat ya ceritanya? Biarin deh yang penting cerita.

Jadi, yang ikut ke Bali itu sekitar 120 anak. Dari kelasku sendiri udah 30 anak, dan itu yang terbanyak dari semua kelas! Hebat ya kelasku? Kompak! Kelas lain mah, di bawah 30 semua. Ada yang cuma 10 anak malah. Seperti paket tour biasa, berangkat ke Bali tanggal 26 April, di Bali cuma tanggal 27-29 April, terus sampe Jogja lagi tanggal 30 April. Berarti 2 hari perjalanan kan? Bener-bener standar tour anak sekolah yang berangkatnya pake bus.
Hari pertama, berangkat dari sekolahku tersayang jam 8 pagi. Lupa sih agak telat, agak maju berangkatnya, apa on time banget, pokonya sekitar jam 8 pagianlah. Di jalan, belom apa-apa, baru sampe Solo, udah bosen duluan. Minta diputerin film. Untung busnya punya dvd (kayaknya bajakan) Punk in Love. Oke, ada pembunuh ngantuk akhirnya. Tapi .... ternyata Punk in Love cuma 2 jam. Jadi, mulai nonton sekitar jam setengah 10an, jam setengah 12an udah selesai. Bosan datang kembali.


when boredom came, took some photos could heal it! (the second photo: Farah and me)

Untung gak lama abis itu, kami semua sampai rumah makan. Dateng ke sana langsung ke kamar mandi, wudhu, trus ke mushola. Gileeeee penuh banget! Mana panas banget lagi waktu itu, siang-siang, gersang pula. Susah payah deh aku nerobos orang-orang yang lagi sholat biar dapet tempat. Untung badanku kecil ya, jadi gampang gitu nyelimpet ke mana-mana (apaan sih).

Abis itu makan. Di sana rumah makan tipenya prasmanan. Makanannya biasa-biasa aja sih sebenernya. Tapi lumayanlah untuk tour anak sekolahan.

Oiya, waktu perjalanan berangkat tadi, temenku ada yang muntah-muntah. Kasian banget deh ngeliatnya, beneran. Mana dia tuh badannya kurus cungkring. Gimana aku gak tambah kasian? Ntar kalo dia muntah-muntah terus, bisa-bisa di Bali di kira tulang goreng raksasa dong (hee?). Lanjut ah, jayus.

Abis berangkat, lanjut lagi perjalanannya. Beneran deh, selama perjalanan dari makan siang sampe makan malem aku gak bisa tidur. Bercanda doang, ketawa-ketawa guling-guling sampe perut sakit. Ah gila deh temen-temen. Tap serunya itu ya ampuuuuuuun gak nahan!

Makan malam. Prasmanan lagi. Di sana aku langsung pengen makan. Laper banget. Asal kalian tau ya, selama perjalanan aku cuma ngemil Jacobs, itu aja pasa perjalanan pagi & cuma 5 potongan kalo gak salah. Abis makan siang cuma minum, gak ngemil sama sekali. Hebat kan? Oiya, pas makan sempet mati listrik. Kaget pertamanya. Ah bodo amat, aku kan laper jadi tetep aja makan. Waktu udah selesai makan, mau sholat, tetep aja listriknya masih mati. Waktu mau wudhu hidup lagi listriknya! Tapi cuma 3 menit. Mati lagi deh sampe selesai sholat. Waktu mau naik bus baru nyala lagi. Dasar emang lagi gak jodoh listriknya ama gue.

Abis itu, perjalanan lagi. Baru jam setengah 8an sih kalo gak salah. Tapi tetep aja aku paksa tidur. Gak bisa, merem melek, mana temen-temen ketawa cekikikan jungkat-jungkit. Akhirnya aku bangun lagi jam setengah 9. Temen-temen masih aja teriak-teriak ribut. Ikutan teriak-teriak jadinya. Baru bisa tidur sekitar jam setengah 10an.

Sekitar jam 11an, Bu Rus (pengawas di bus ku) bangunin kami semua buat liat Paiton (ah gimana sih tulisannya aku gak ngerti). Itu lho, pembangkit listrik terbesar di Indonesia. Waw. Di sana lampunya banyak banget, kata temen-temenku sih itu namanya pemborosan. Ya emang bener sih. Di mana-mana cuma ada lampu, mana luasnya Paiton itu 10 hektar lebih. Bisa bayangin betapa borosnya listrik yang dipake?

Nah, abis itu tidur lagi deh. Sampe akhirnya sudah saatnya nyebrang dari Ketapang ke Gilimanuk. Hore! Itu sekitar jam 2 pagi. Ngantuk banget sebenernya, tapi gara-gara ada temen-temen yang selalu setia menemani dan menghiburku (lebay), jadi gak kerasa ngantuk deh, malah jadi seneng banget rasanya :-D

Nyebrang Selat Bali sekitar 1 jam. Gak begitu lama. Jadi sampe di Bali sekitar jam 4 pagi WITA. Abis itu kami melanjutkan perjalanan. Sekitar jam setengah 5 WITA kami semua dibanguni sholat subuh dulu. Dingin banget masya Alloh. Oiya, waktu turun dari bus, ada temenku yang jatuh ke selokan pinggir masjid, Sarah. Emang sih waktu itu masih gelap, tapi anehnya yang jatuh cuma dia, temen-temen yang lain selamat-selamat aja. Dan kayaknya selokannya dalem banget deh, Sarah sampe biru-biru gitu mukanya. Kacamata patah gagangnya, luka-luka di sikut sama dengkul, bawah mata bengkak, parah lah. Aku jadi kasian sama Sarah...

Abis sholat subuh, lanjut lagi perjalanan kami. Hari pertama jadwalnya adalah: Tanah Lot, Tanjung Benoa, Ulu Watu, Pantai Kuta, dan yang terakhir check in hotel.

Bisa sesuai sama jadwal gak ya kira-kira? Tunggu ceritaku besok ya, udah ngantuk nih, udah jam 10:58 PM di jam laptop. Bye!



Balinese Trip Part 1. Nana.